Tanya Jawab Seputar KEHAMILAN KOSONG atau KEHAMILAN ANEMBRIONIK

Apa maksud dari istilah-istilah ini?

Istilah “kehamilan kosong (blighted ovum)” dan “kehamilan anembrionik” menunjuk pada sebuah kehamilan dimana kantung kehamilan terbentuk dalam rahim, tetapi kantung ini kosong dan tidak mengandung janin yang sedang berkembang (juga disebut embrio). Penjelasan yang paling mungkin adalah bahwa embrio berhenti pada tahap yang sangat awal dan terserap ulang.

“Kehamilan kosong (blighted ovum)” secara bahasa berarti sebuah sel telur yang memiliki sesuatu kelainan dengannya, tetapi ini tidak benar-benar menjelaskan apa yang dilihat. “Kehamilan anembrionik” berarti sebuah kehamilan tanpa embrio. Ini merupakan deskripsi yang lebih cocok tentang apa yang dilihat pada scan dan lebih banyak dokter yang menggunakannya, walaupun kedua istilah ini terkadang digunakan saling bergantian.

Kondisi ini biasanya ditemukan antara pekan ke-8 sampai pekan ke-13 kehamilan, terkadang pada scan awal yang rutin dan bisa menyebabkan wanita yang bersangkutan terkejut, khususnya jika tidak memiliki tanda-tanda sedikitpun.


Mengapa ini terjadi? Apakah karena ada hal-hal yang dilakukan?

Kondisi ini dianggap sebagai akibat dari kesalahan dalam tahap awal perkembangan bayi, umumnya karena abnormalitas kromosom pada kehamilan tersebut. Ini sangat tidak mungkin disebabkan oleh hal lain yang mungkin anda atau pasangan anda telah lakukan, dan ini bukan kesalahan siapa-siapa.

Apakah kondisi ini berulang?

Bisa saja, tapi kecil kemungkinannya. Kehamilan kosong merupakan kejadian kebetulan dan kebanyakan wanita berhasil pada kehamilan selanjutnya.

Saya diberitahukan bahwa tidak ada bayi dalam rahim saya. Tapi saya merasa saya hamil dan tes kehamilan positif.

Hormon yang memberikan gejala-gejala kehamilan tidak diproduksi oleh bayi, tapi oleh jaringan plasenta. Ini sering terus aktif bahkan setelah bayi mati dan telah direabsorbsi, sehingga tes kehamilan masih bisa positif dan si ibu masih merasa hamil.

Saya merasa seolah-olah saya tidak berhak berdukacita jika tidak ada bayi disana

Anda tidak berhak untuk berdukacita. Anda bersedih untuk sesuatu yang akan ada. Anda hamil, dan anda bisa bereaksi seperti kebanyakan wanita atau pasangan yang kehilangan bayi selama kehamilan. Kesedihan, rasa kehilangan, depresi, marah dan rasa bersalah semuanya umum dan  merupakan reaksi-reaksi yang cukup mengganggu.

Jika anda memerlukan dukungan dan ketenangan kapanpun, The Miscarriage Association bersedia membantu dan bisa menghubungkan anda dengan orang lain yang pernah menghalangi keguguran. Keluarga, dokter atau pengunjung kesehatan juga bisa membantu dan memberi nasihat.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Memutihkan Kulit Wajah

Relationship between glycemic index and weight loss

Prosedur dan Alat Diagnostik