PETUNJUK TEKNIS UNTUK CAWAN-CAWAN UJI KERENTANAN ANTIMIKROBA

Kegunaan

Cawan uji kerentanan antimikroba Oxoid digunakan untuk menentukan efektifitas antibiotik terhadap bakteri melalui pengujian in vitro. Berbagai metode laboratorium tersedia untuk difusi cawan. Pelanggan tidak boleh merujuk panduan-panduan lokal untuk informasi spesifik yang berkaitan dengan rekomendasi media, tingkakt inokulum, kondisi inkubasi, dan diameter zona interpretatif.

Prinsip
   
Antibiotik pada konsentrasi tertentu dibubuhkan pada cawan kertas saring. Ketika cawan-cawan ini diaplikasikan ke sebuah plat agar yang sebelumnya diinokulasi dengan organisme uji, antibiotik berdifusi keluar membentuk sebuah gradien. Setelah inkubasi, plat-plat diuji zona inhibisinya di sekitar cawan. Ketika ukuran-ukuran zona ini dibandingkan dengan panduan-panduan yang ada, sebuah prediksi kerentanan bakteri terhadap antibiotik bisa diketahui.

Presentasi
   
Cawan-cawan antibiotik Oxoid dibuat dengan kertas yang memenuhi spesifikasi FDA 21 CFR460.6. Cawan-cawan ini memiliki diameter 6 mm dan memiliki singkatan kode antibiotik dan konsentrasi yang dicetak dengan jelas pada kedua sisinya. Cawan dikemas dalam cartridge yang memuat 50 cawan. Masing-masing cartridge diberi label dengan nama dan konsentrasi antibodi, jumlah, waktu kadaluwarsa dan kondisi-kondisi penyimpanan. Cartridge dikemas dengan sebuah desikator untuk mempertahankan kandungan kelembaban yang rendah.

   
Cartridge antibiotik Oxoid bisa digunakan dalam dispenser Oxoid – disamping ejektor sederhana, dispenser 6, 8, dan 12 sudah tersedia.

Instruksi penyimpanan
   
Cartridge yang belum terbuka harus disimpan pada suhu -20oC – 8oC sampai dibutuhkan. Cartridge yang belum terbuka harus dibiarkan berada pada suhu kamar sebelum mengeluarkannya dari kemasan untuk meminimalisir kondensasi. Saat dibuka, cartridge perlu disimpan dalam wadah dalam refrigerator, dan harus dibiarkan dalam suhu kamar sebelum dibuka. Jika cartridge tidak digunakan dengan sebuah dispenser (penuang), maka pelanggan harus memastikan bahwa cawan tersimpan dalam refrigerator yang terlindungi dari kelembaban. Ketika cartridge terbuka, dianjurkan agar disimpan tidak lebih dari satu pekan.

Catatan
   
Sebuah daftar cawan kerentanan antimikroba standar yang dibuat terdapat dalam daftar produk Oxoid yang mencakup nama generik, konsentrasi dan kode. Daftar produk ini diperbaharui setiap tahun.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Memutihkan Kulit Wajah

Relationship between glycemic index and weight loss

Prosedur dan Alat Diagnostik