Kehamilan Kosong (Blighted Ovum)

Monday, January 18, 2010

Pada hasil scan kehamilan pertama saya sangat terkejut ketika diberitahukan bahwa saya tidak lagi hamil karena kehamilan kosong (blighted ovum). Ini apa artinya?
Ditulis oleh BabyCenter India

Chrissie Hammond menjawab:
   
Kantung kosong yang besar pada hasil scan merupakan sebuah tanda “kehamilan kosong”, dimana konsepsi terjadi dan telur yang telah dibuahi tertanam dalam rahim tetapi bayi tidak terbentuk. Kehamilan kosong bisa terjadi pada siapa saja. Biasanya terjadi secara kebetulan, dan kebanyakan wanita mengalami kehamilan yang berhasil pada kesempatan selanjutnya.
   
Anda mungkin tidak memiliki tanda-tanda sama sekali (seperti nyeri atau perdarahan) sehingga kehamilan tidak berkembang secara normal. Hormon-hormon kehamilan membuat anda merasa hamil, meskipun terkadang jika kadarnya cukup rendah tanda-tanda kehamilan bisa berkurang – misalnya payudara anda terasa kurang lunak. Seringkali waktu pertama anda menyadari gangguan ini adalah ketika anda melakukan scan pertama dan diberitahukan bahwa kantung kehamilan anda kosong.

   
Walaupun penyebabnya belum dipahami seluruhnya, kehamilan kosong umumnya dianggap sebagai kejadian yang bersifat kebetulan. Ketika sebuah telur dibuahi oleh sperma, sel-sel mulai membelah. Beberapa sel berkembang menjadi janin, dan yang lainnya berkembang menjadi plasenta dan membran. Kadang-kadang sebagian dari sel telur yang dibuahi, yang akan menjadi janin gagal (kemungkinan karena sebuah kesalahan telah terjadi selama pembuahan, dan ada begitu banyak atau terlalu sedikit kromosom) tetapi bagian yang menjadi plasenta dan membran berhasil, sehingga kantung kehamilan terus tumbuh dalam rahim, dan plasenta mulai terbentuk.
   
Tubuh anda tidak mengenali bahwa tidak ada bayi yang terbentuk dalam kantung, karena hormon-hormon kehamilan masih sedang diproduksi yang mana mencegah keguguran.
   
Selama pemeriksaan scan, operator sonografi mengukur kantung kehamilan dan mencari bukti adanya kantung yolk atau sebuah embrio. Jika kantung kehamilan memiliki ukuran lebih dari 20 mm, maka tidak ada bukti adanya kantung yolk atau embrio, sehingga sebuah diagnosis kehamilan kosong akan ditegakkan. Seluruh kantung amniotik harus diperiksa dengan menggunakan ultrasound vaginal sebelum diagnosis bisa dikuatkan. Jika diameter kantung kehamilan kurang dari 20mm, maka kehamilan anda mungkin hanya lebih lambat dari yang anda pikir sebelumnya, dan anak akan menjalani pemeriksaan scan lain setelah 7-14 hari. Jika tidak ada tanda kantung yolk atau embrio setelah waktu ini, maka diagnosis akan ditegakkan.
   
Jika, seperti kebanyakan wanita pada situasi ini, anda tidak mengetahui bahwa kehamilan anda tidak berkembang normal sampai diberitahukan pada saat pemeriksaan scan, maka berita ini bisa sangat mengejutkan. Berita ini bisa sulit untuk dipahami atau diterima, dan anda mungkin tidak ingin melakukan apapun untuk itu,
   
Sebenarnya aman untuk menunggu sampai terjadi keguguran alami ketika hormon-hormon kehamilan pada akhirnya berkurang, tetapi ini memerlukan banyak waktu biasanya beberapa pekan. Jika anda mengalami perdarahan atau brown loss mungkin lebih baik menunggu untuk melihat apakah keguguran alami akan terjadi. Akan tetapi, kebanyakan wanita lebih memilih melakukan operasi kecil yang disebut ERPC (evakuasi produk kehamilan tersisa) yang bisa dilakukan dalam satu hari, atau menggunakan obat untuk menggugurkan kandungan.
   
Jika keguguran terjadi, maka anda bisa mencoba untuk mengupayakan hamil kembali. Mungkin tidak diperlukan waktu dua bulan agar tubuh anda kembali normal, anda merasa siap secara emosional untuk mencoba hamil kembali.
   
Jika anda mengalami keguguran, anda secara alami akan sangat khawatir kalau-kalau ini terjadi kembali. Kebanyakan wanita hamil kembali dengan berhasil dan scan dini bisa direkomendasikan untuk meyakinkan anda bahwa kehamilan kosong tidak terjadi kembali. Jika denyut jantung dideteksi pada pemeriksaan scan, maka kehamilan dikatakan langgeng dan peluang untuk hasil akhir kehamilan yang sukses menjadi jauh lebih baik. Tetapi ingat, tunggu sampai usia kehamilan enam pekan – atau lebih dari tujuh pekan – jika anda ingin menghindari ketidakpastian yang bisa ditunjukkan oleh pemeriksaan scan dini.

0 comments:

Post a Comment

BlueDEX Ads
 
Bloggerized by Blogger Template