Kehamilan Anembrionik – Kehamilan Kosong

Gambaran umum, Penyebab, dan Faktor Risiko

Kehamilan kosong (blighted ovum) menunjuk pada keguguran yang terjadi pada beberapa pekan pertama kehamilan.

Apa yang terjadi dalam tubuh?

Diperkirakan bahwa hanya sekitar 2/3 sel telur perempuan yang dibuahi menghasilkan kehamilan yang dapat dideteksi. Sebanyak 1/3 lainnya gugur spontan atau mati. Sel telur perempuan juga disebut ovum. Kehamilan kosong (blighted ovum) biasanya terjadi sebelum seorang wanita mengetahui dia hamil.

Apa penyebab dan risiko kondisi ini?

Kehamilan kosong adalah sebuah kelainan. Alam menyeleksi orang-orang yang mampu bertahan hidup. Banyak sel telur terbuahi yang mati dini memiliki cacat genetik yang parah. Sel-sel telur ini tidak bisa berkembang dengan baik dan berakhir dengan kematian. Kondisi ini tampaknya terjadi lebih sering pada wanita yang lebih tua. Wanita yang lebih tua memiliki risiko melahirkan anak-anak yang memiliki gangguan genetik, seperti sindrom Down.


Risiko utama untuk kondisi ini biasanya adalah gangguan mental yang disebabkan oleh penemuan bahwa wanita tersebut sedang atau dulunya hamil. Kematian sel telur secara dini yang berulang bisa menandakan gangguan genetik atau gangguan fisik pada orang tua. Jarang ada masalah spesifik yang bisa menyebabkan kematian sel telur secara dini yang berulang, seperti tingkat hormon yang rendah.

Gejala dan Tanda-Tanda

Apa tanda-tanda dan gejala-gejala kondisi ini?

Kehamilan kosong sering tidak menimbulkan gejala sama sekali. Gejala dan tanda-tanda yang biasa muncul antara lain:
terlambat datang bulan atau tidak haid
keram abdominal ringan
spotting atau perdarahan vaginal ringan
uji kehamilan positif pada saat adanya gejala-gejala

Diagnosis dan Tes

Karena wanita biasanya tidak mengetahui mereka hamil pada tahap paling awal dari kehamilan, maka diagnosis tidak ditegakkan. Periode-periode menstruasi biasanya kembali menjadi normal dengan cepat. Pada beberapa kasus, diagnosis ditegakkan karena tes kehamilan positif dan wanita tidak haid. Tes sinar-x khusus biasanya akan menunjukkan rahim kosong atau kantung kelahiran yang kosong.

Pencegahan dan Ekspektasi

Apa yang bisa dilakukan untuk mencegah kondisi ini?

Pada kebanyakan kasus, tidak ada yang dapat dilakukan untuk mencegah kondisi ini. Untuk kematian sel telur dini yang berulang, kedua pasangan mungkin ingin melakukan pemeriksaan genetik atau konseling genetik.

Apa pengaruh jangka panjang dari kondisi ini?

Pengaruh jangka panjang yang utama terkait dengan gangguan jiwa. Ini lebih sering menjadi masalah jika kehamilan kosong ini terjadi lebih dari satu kali, dimana sangat mengganggu secara emosional bagi orang-orang yang terlibat.

Bagaimana risikonya bagi orang lain?

Tidak ada risiko bagi orang lain, karena kondisi ini tidak menular. Wanita yang berulang-ulang mengalami kematian sel telur dini mungkin memiliki masalah genetik. Masalah ini terkadang bisa diwariskan ke anak jika kehamilan reguler terjadi.

Pengobatan dan Pemantauan

Apa pengobatan untuk kondisi ini?

Cukup jarang, sebuah kondisi yang dapat diobati ditemukan sebagai penyebab kehamilan kosong. Misalnya, kadar hormon yang rendah jarang bisa menyebabkan kematian se telur secara dini. Pada kasus-kasus ini tambahan hormon seperti progesteron bisa membantu.

Jika kematian sel telur secara dini terjadi berulang, pembuahan buatan bisa efektif dalam menghasilkan kehamilan. Pengujian genetik juga bisa disarankan untuk mengetahui jika ada masalah genetik. Meskipun kondisi-kondisi ini tidak dapat diobati, namun bisa menunjukkan diperlukannya sebuah donor sperma atau sel telur untuk memiliki anak.

Apa efek samping dari pengobatan?

Hormon bisa menyebabkan efek samping, seperti sakit kepala, mood berubah, dan lain-lain. Pembuahan buatan cukup mahal dan tidak selamanya berfungsi. Risiko kelahiran kembar sering lebih tinggi.

Apa yang terjadi setelah pengobatan untuk kondisi ini?

Pada kebanyakan wanita, diagnosis tidak pernah ditegakkan dan pengobatan tidak pernah diperlukan. Kebanyakan wanita yang mengalami kehamilan kosong memiliki anak yang sehat pada kehamilan berikutnya.

Jika pengobatan dilakukan dan berhasil, kehamilan reguler akan terjadi. Adopsi merupakan opsi lain untuk banyak pasangan.

Bagaimana kondisi ini dipantau?

Kebanyakan kasus tidak memerlukan pemantauan selama wanita atau pasangannya tidak menginginkannya. Kehamilan abnormal pada akhirnya akan gugur jika tidak ada pengobatan yang dilakukan untuk membersihkan uterus.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Memutihkan Kulit Wajah

Relationship between glycemic index and weight loss

Prosedur dan Alat Diagnostik