Blighted Ovum (Kehamilan Kosong)

Mungkin anda tidak mengetahui anda hamil atau anda hanya mengharapkan sesuatu yang tidak ada ketika anda mendapatkan berita yang sangat mengejutkan bahwa tidak ada embrio yang sedang berkembang ditemukan pada pemeriksaan ultrasound. Anda mungkin merasa sedih dan bingung. Saat anda mencoba untuk memahami arti semua ini, maka anda juga tentu akan berduka cita atas kehilangan ini. Dan ingat bahwa anda tidak sendiri.

Apa itu kehamilan kosong?
   
Kehamilan kosong (blighted ovum) (yang juga dikenal sebagai “kehamilan anembrionik”) terjadi apabila sebuah sel telur yang dibuahi dengan sendirinya melekat ke dinding uterin, tetapi embrio ini tidak berkembang. Sel-sel berkembang untuk membentuk kantung kehamilan, tetapi bukan embrio itu sendiri. Kehamilan kosong biasanya terjadi dalam trimester pertama sebelum seorang wanita mengetahui dia hamil. Tingkat abnormalitas kromosom yang tinggi biasanya menyebabkan tubuh wanita keguguran secara alami.


Bagaimana saya mengetahui jika saya mengalami kehamilan kosong?
   
Kehamilan kosong bisa terjadi sangat awal pada kehamilan, bahkan sebelum kebanyakan wanita mengetahui bahwa mereka hamil. Anda mungkin mengalami tanda-tanda kehamilan seperti tidak haid dan bahkan tes kehamilan positif. Ada kemungkinan bahwa anda mungkin mengalami keram abdominal ringan, spotting atau perdarahan vaginal ringan. Seperti halnya sebuah periode normal, tubuh anda bisa menyegarkan uterin, tetapi periode anda bisa sedikit lebih berat dari biasanya.
   
Banyak wanita yang menganggap kehamilannya normal-normal saja karena kadar hCG meningkat. Plasenta bisa terus tumbuh dan mendukung dirinya sendiri tanpa ada bayi selama periode waktu yang singkat, dan hormon-hormon kehamilan bisa terus bertambah, sehingga menyebabkan seorang wanita yakin dia masih hamil. Diagnosis biasanya tidak ditegakkan sampai uji ultrasound menunjukkan rahim yang kosong atau kantung kelahiran yang kosong.

Apa yang menyebabkan kehamilan kosong?
   
Kehamilan kosong merupakan penyebab dari sekitar 50% keguguran trimester pertama dan biasanya merupakan akibat dari masalah-masalah kromosomal. Tubuh wanita mengenali kromosom-kromosom abnormal dalam janin dan secara alami tidak mencoba untuk melanjutkan kehamilan karena janin tidak akan berkembang menjadi bayi yang normal dan sehat. Ini bisa disebabkan oleh pembelahan sel abnormal, atau kualitas sperma atau sel telur yang buruk.

Apakah saya harus menjalani operasi D&C atau menunggu sampai terjadi keguguran alami?
   
Hanya anda yang bisa memutuskan pilihan ini. Kebanyakan dokter tidak merekomendasikan operasi D&C untuk kehilangan kehamilan dini. Diyakini bahwa tubuh seorang wanita mampu menghasilkan jaringan sendiri dan tidak diperlukan prosedur bedah yang memiliki risiko komplikasi. Akan tetapi, D&C akan bermanfaat jika anda berencana untuk melakukan pemeriksaan pada jaringan untuk menentukan alasan kegagalan kehamilan. Beberapa wanita merasa bahwa prosedur D&C membantu dengan penutupan, membantu secara mental dan fisik.

Bagaimana cara mencegah kehamilan kosong?
   
Sayangnya, pada kebanyakan kasus kehamilan kosong tidak bisa dicegah. Beberapa pasangan akan mencari pemeriksaan genetik jika kehilangan kehamilan dini terjadi berulang. Kehamilan kosong sering merupakan kejadian satu waktu, dan jarang seorang wanita akan mengalaminya lebih dari satu kali. Kebanyakan dokter merekomendasikan agar pasangan menunggu sekurang-kurangnya 1-3 siklus menstruasi regular sebelum mencoba hamil lagi setelah pernah mengalami keguguran.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Memutihkan Kulit Wajah

Relationship between glycemic index and weight loss

Cheerleaders are associated with many diet disorders